Polres Purbalingga Tetapkan Ibu Tiri Sebagai Tersangka Penganiayaan Anak

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Purbalingga – Satreskrim Polres Purbalingga akhirnya menetapkan status tersangka kepada AM (45) pelaku penganiayaan terhadap anak tiri di Desa Pagerandong, Kecamatan Kaligondang. Penetapan tersangka diungkapkan Kasat Reskrim Polres Purbalingga AKP Poniman di mapolres, Kamis (30/8/2018).

“Dengan adanya video viral kasus dugaan penganiayaan terhadap anak yang berinisial IM umur 7 tahun, untuk pelaku sudah kita lakukan upaya paksa berupa penangkapan dan kita tetapkan sebagai tersangka. Untuk saat ini, kita sudah lakukan penahanan sejak kemarin sore,” kata Poniman.

Dari keterangan pelaku, ia melakukan penganiayaan secara berulang-ulang di rumahnya. Motif tersangka melakukan penganiayaan diduga berlatar belakang masalah ekonomi. Karena ekonominya lemah tersangka sering bersikap tempramen terhadap anak tirinya tersebut.

“Sikap temperamen tersangka yaitu dengan selalu jengkel terhadap anak tirinya tersebut. Apa yang diperbuat oleh anak saat bermain, kemudian tidak sesuai dengan harapan ibunya jadi dilampiaskan kepada anak tirinya,” ucapnya.

Dalam melakukan penganiayaan, ibu tiri ini tidak menggunakan alat, namun pernah sesekali menggunakan sapu lidi untuk melakukan penganiayaan terhadap anaknya. Selain itu ada juga benda berupa kursi, yang ketika anak didorong jatuh hingga membentur kursi tersebut.

Dasar penetapan tersangka sesuai dengan unsur-unsur pasal UU KDRT pasal 44 ayat 1 kemudian menggunakan UU Perlindungan Anak pasal 80 ayat 2 dan ayat 4. Ancaman hukuman terhadap tersangka minimal lima tahun penjara.

“Perbuatan tersangka memenuhi unsur karena dia melakukan suatu perbuatan dimana anak tersebut masih dalam pengampuan, atau belum cakap dan anak itu juga masih dalam satu rumah,” jelasnya.

Kasat Reskrim menambahkan, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan psikologi terhadap tersangka, bekerja sama dengan dokter rumah sakit. Hasil pemeriksaan ibu tiri tersebut tidak mengalami gangguan psikologi, tersangka sehat jasmani dan rohani.
(Humas Polres Purbalingga)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *